Susul Muklis,  Amin Abdullah Turut Dipanggil Bawaslu Terkait ASN yang disandangnya

0
24

 

Tanjabar JBC-Amin abdullah bakal calon wakil bupati Tanjabar juga dipanggil kantor Bawaslu tanjung Jabung barat Kamis pagi 30/1/2020 jam 9:00wib.

Amin Abdullah datang sendiri tanpa didampingi relawannya informasi yang dirangkum bacawabub yang di gadang-kadangkan mendampingi Mulyani Siregar pada pilkada 2020, ini diminta keterangan sekitar 1 jam lebih di panggil terkait netralitas ANS sebagai mana pemanggilan terhadap Muklis.M.Si.

Koordinator divisi pengawas hubungan antara lembaga atau PHL Bawaslu Tanjabar Mun resi di temui dirumahkan kerjanya Kamis sore membenarkan pemanggilan ini.

Pihak masih melakukan pendalaman apakah ada parpol yang bakal di undang atau tidak,” kita belum pleno’ Masih mendalami. Setelah lengkap semuanya baru kita plenokan untuk diteruskan ke K ASN melalui Bawaslu provinsi”ujar Mon Resi.

Mengenai dasar hukum yang menjadi acuan dalam pemanggilan ini sama seperti pemangilan Muklis.” Ya sama dasarnya’ soal netralitas ASN,” ujarnya.

Adapun aturan yang melandasi pemanggilan Muklis adlah surat edaran 410/2019/Bawaslu RI tentang pelaksanaan tugas dan wewenang pengawasan penyelenggaraan pemilihan gubernur’wakil gubernur,walikota, bupati serta wakil bupati.

Kemudian surat edaran Bawaslu RI, SS/0035/2020 tentang pengawasan netralitas ASN,TNI,dan polri. Diperkuat lagi dengan UU no 10 tahun 2016 pasal 30 huruf c,e, dan i tentang tugas dan wewenang Bawaslu.

Ditambahkan Mon Resi ASN yang bukan kandidat juga tak luput dari pantauan bawaslu artinya ASN yang terlibat politik Praktis dan berfaliasi dengan partai politik bisa menjadi bahan temuan lembaga pengawasan pemilu ini.

“Bukan hanya kandidat asalkan ASN ikut politik praktis bisa menjadi temuan kita juga apa lagi masyrakat yang melaporkan secara resmi kita sangat terbantu,”ungkapnya.

Sebelum diberitakan Bawaslu Tanjabar telah menindak lanjuti pemanggilan Muklis terkait netralitas ASN jelang Pilkada Tanjabar ini dan tujuh perwakilan parpol juga diminta keterangan oleh Bawaslu Tanjabar, Jumat 24/1/2020.

Jul

LEAVE A REPLY